HUBUNGI KAMI (0751)37135

[Sabtu, 25 Desember 2021] dengan menggunakan media Zoom Meeting, Mahasiswa/i Prodi S1 Manajemen FEB UNIDHA mengikuti kuliah tamu online dengan judul “Building Strong Brands & Brand Equity”. Adapun pemateri dalam kuliah tamu online ini yaitu Bapak Berto Mulia Wibawa, MM (Dosen S1 Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan juga Mahasiswa Doktoral Monash University).

Menurut Pak Berto, Brand / Merek merupakan nama, tanda, simbol atau desain, atau kombinasi dari mereka, dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa dari satu penjual atau sekelompok penjual dan untuk membedakan mereka dari orang-orang dari pesaing.

Selanjutnya, beliau menambahkan bahwa peran merek terdiri dari 8 (delapan) komponen berikut ini:

  1. Identifikasi pembuatnya
  2. Sederhanakan penanganan produk
  3. Mengatur akuntansi
  4. Dilindungi hukum
  5. Menandakan kualitas
  6. Ciptakan “barriers to entry”
  7. Keunggulan kompetitif
  8. Harga premium yang aman

Acara ini berlangsung selama 120 menit. Antusiasme yang cukup tinggi bahkan terjadi saat diskusi tanya jawab. Mahasiswa/i Ibu Siska Lusia Putri, SP, MM (Dosen S1 Manajemen) dan Ibu Puti Embun Sari, SE, MM (Dosen S1 Manajemen) ini hingga di penghujung acara berlomba-lomba memberikan pertanyaan kepada Bapak Berto.

Terakhir, Bapak Berto menyampaikan bahwa Pertama, Brand is first impression. Dalam marketing, tampilan pertama begitu menggoda, itu valid; Kedua, Logo tidak sama dengan branding, logo bagian kecil dari sebuah brand. Brand itu abstrak; Ketiga, Jika memulai suatu usaha, mulailah memikirkan nama mereknya. “Nama merek tidak harus sama dengan nama perusahaan”; dan Keempat, Branding itu investasi.

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://bit.ly/BrandITS2021.