Pembekalan Magang Prodi S1 Manajemen UNIDHA

[Kamis, 7 Juli 2022], Prodi S1 Manajemen melaksanakan pembekalan magang secara online tentang kesiapan mahasiswa/i magang Prodi S1 Manajemen untuk Angkatan 2019 dengan menggunakan media Gmeet. Rapat yang dibuka langsung oleh Kaprodi S1 Manajemen yaitu Ibu Dr. Henny Sulistyaningsih, SE, M.Si dan diikuti oleh 90% mahasiswa magang.

Kegiatan ini berlangsung sekitar 120 menit ini membahas tentang:

(1) Menjelaskan prosedur pelaksanaan magang;

(2) Menjelaskan etika saat magang (sikap dan tingkah laku serta cara berpakaian);

(3) Penyampaian pembagian dosen pembimbing magang dan penyerahan mahasiswa magang sebanyak 136 orang kepada dosen pembimbing magang;

(4) Pelepasan mahasiswa magang secara simbolis (11 Juli 2022);

(5) Pelaksanaan magang selama 2 (dua) bulan (Pertengahan Juli s/d Pertengahan September 2022) yang tersebar pada 53 lokasi magang yang ada di Provinsi Sumatera Barat.

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1AeGLf5iE4ir8Ml1-V1QcvWl_RenTL3gA?usp=sharing.

Resmi, 8 Mahasiswi FEB UNIDHA Ikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 2!

[Selasa, 5 Juli 2022] diumumkan secara resmi melalui akun Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) yaitu https://program-pmm.id/ dan juga Instagram official PMM yaitu http://@pertukaranmahasiswamerdeka pengumuman hasil seleksi pendaftaran PMM Batch 2 Tahun 2022.

8 Mahasiswi FEB UNIDHA lolos pada program PMM2 Tahun 2022 ini, berikut rinciannya:

  1. Shoja Ismela / 20120041 / S1 manajemen => Universitas Khatolik Atma Jaya, Jakarta
  2. Nindi Febriwan Hilmy / 19120085 / S1 manajemen => Universitas Islam Bandung, Bandung
  3. Shauma Gita Samudra / 20110040 / S1 Akuntansi => Universitas Pancasila, Jakarta
  4. Nur’aini Syalsabilah / 20120032 / S1 Manajemen => Universitas Trunojoyo, Madura
  5. Tasha Zainur Rahmah / 20120066 / S1 Manajemen => Universitas Khatolik Atma Jaya, Jakarta
  6. Endang Herawati Sapalakkai / 20120133 /S1 Manajemen => Universitas Mahasaraswati, Denpasar
  7. Fitriani Nurhasanah / 20120067 / S1 Manajemen => Universitas Padjadjaran, Bandung
  8. Thessa Resyaputri / 20120130 / S1 Manajemen => Universitas Padjadjaran, Bandung

Selengkapnya dapat dilihat pada dokumentasi berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1edhKDLX71IN2Vud7QklYV-XGtrJDb6VQ?usp=sharing.

#bertukarsementarabermaknaselamanya

Rapat Tim SOP FEB UNIDHA

Sekitar Juli s/d Agustus 2022 bertempat di Ruang Rapat Gedung A Lantai II Kampus UNIDHA, Dekan FEB UNIDHA Bapak Dr. Emrizal, SE, MM dan juga Wakil Dekan FEB UNIDHA Ibu Lucy Chairoel, SE, M.Si, PhD mengadakan rapat tentang penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) FEB UNIDHA dengan Tim SOP FEB UNIDHA yang telah dibagi menjadi 5 (lima) kelompok.

Berikut pembagian Tim SOP FEB UNIDHA:

  1. Tim I (Standar I s/d IV)
  2. Tim II (Standar VII s/d XII)
  3. Tim III (Standar XIII s/d XVIII + Standar V)
  4. Tim IV (Standar XIX s/d XXIV + Standar VI)
  5. Tim V (Standar XXV s/d XXXI)

Tujuan dilaksanakan rapat ini adalah untuk melihat sudah sejauh mana progress Tim SOP FEB UNIDHA dalam bekerja guna menciptakan layanan prima di lingkungan FEB UNIDHA.

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1uomtmaqD2nx-cXgGObAoIZI6Lm9ckxpG?usp=sharing.

PTK Prodi S1 Manajemen FEB UNIDHA

Sekitar akhir Juni 2022, Prodi S1 Manajemen mengeluarkan pengumuman terkait pelaksanaan Pre Test Komprehensif (PTK) Tahun 2022 sebagai syarat mendaftar komprehensif yang akan wisuda periode Oktober 2022 (jadwal tentative). Pelaksanaan PTK kali ini diagendakan dilaksanakan secara offline dengan protokol kesehatan yang ketat.

Berikut rincian pelaksanaan PTK Juli 2022 TA. Genap 2021/2022:

  1. Gelombang I (5 Juli 2022)
  2. Gelombang II (7 Juli 2022)
  3. Gelombang III (13 Juli 2022)
  4. Gelombang IV (15 Juli 2022)

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1v2YCI1BnjyPvG9QYZH-GymFaOTo7ZhXk?usp=sharing.

AL Daring PEPA Prodi D3 Akuntansi UNIDHA

BAN-PT telah mengeluarkan panduan atas pelaksanaan pemantauan, evaluasi, dan penilaian terhadap pemenuhan syarat peringkat Akreditasi (PEPA-PS) yang terdiri atas 3 (tiga) tahapan. Pemantauan dan evaluasi peringkat akreditasi program studi (PEPA-PS) dilakukan terhadap program studi menjelang berakhirnya masa berlaku akreditasi sebelumnya.

Pemantauan dan evaluasi dilakukan terhadap program studi yang memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  1. Berstatus aktif berdasarkan data PDDikti;
  2. Memiliki mahasiswa aktif yang terdaftar di PDDikti; dan
  3. Diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang memiliki dosen tetap yang ditugaskan mengampu mata kuliah pada program studi yang dipantauyang tercatat di PDDikti.

Terhadap program studi yang tidak memenuhi ketentuan tersebut di atas maka BAN-PT tidak dapat menerbitkan Perpanjangan Keputusan Akreditasi. Untuk program studi yang memenuhi ketentuan tersebut di atas Perpanjangan Keputusan Akreditasi diterbitkan setelah dilakukan pemantauan, evaluasi dan penilaian terhadap kinerja program studi dalam 1 (satu) sampai dengan 5 (lima) tahun terakhir, yang terdiri atas 3 tahapan pemantauan, yaitu:

  • Pemantauan Tahap 1.

Pada tahap ini evaluasi dan penilaian dilakukan berdasarkan data program studi yang dilaporkan oleh perguruan tinggi ke PDDikti. BAN-PT akan mengajukan permintaan data program studi ke pengelola Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), kemudian melakukan evaluasi dan penilaian sebagai dasar penetapan Perpanjangan Keputusan Akreditasi.

  • PemantauanTahap 2.

Dalam hal hasil penilaian PemantauanTahap 1 belum memenuhi syarat Perpanjangan Keputusan Akreditasi, maka proses pemantauan dan evaluasi dilanjutkan ke Pemantauan Tahap 2. Pada tahap ini BAN-PT akan menyampaikan pemberitahuan ke Perguruan Tinggi untuk mengajukan dokumen Data Kinerja dan dokumen Laporan Evaluasi Kinerja untuk Program Studi yang diakreditasi. Dokumen yang diajukan selanjutnya akan dievaluasi dan dinilai oleh tim asesor. Hasil penilaian dokumen pada Pemantauan Tahap 2 akan digunakan BAN-PT sebagai dasar penetapan Perpanjangan Keputusan Akreditasi.

  • PemantauanTahap 3.

Selanjutnya dalam hal hasil penilaian Pemantauan Tahap 2 belum memenuhi syarat Perpanjangan Keputusan Akreditasi, maka proses pemantauan dan evaluasi dilanjutkan ke Pemantauan Tahap 3. Pada tahap ini BAN-PT akan menugaskan tim asesor untuk melaksanakan verifikasi fakta dan kondisi lapang di perguruan tinggi tempat penyelenggaraan program studi terhadap data dan informasi yang disampaikan dalam dokumen Data Kinerja dan dokumen Laporan Evaluasi Kinerja. Hasil penilaian pada Pemantauan Tahap 3 akan digunakan BAN-PT sebagai dasar penetapan Perpanjangan Keputusan Akreditasi.

Akhir Juni 2022 merupakan hari bersejarah bagi Tim LDK PEPA D3 Akuntansi FEB UNIDHA maupun Tim LEK PEPA D3 Akuntansi FEB UNIDHA. Penantian panjang hampir 6 bulan akan diperjuangkan dan dinilai oleh Tim Asesor APS selama dua hari. Hasil yang terbaik tentu diinginkan oleh semua pihak baik dosen, tendik maupun mahasiswa. Berikut dijabarkan Agenda Kegiatan Asesmen Lapangan (AL) secara Daring untuk Akreditasi Program Studi (APS) Universitas Dharma Andalas. 

Hari Pertama tanggal 29 Juni 2022 dengan agenda sebagai berikut:

  1. Pembukaan asesmen (pengenalan panel asesor, pembacaan dan penandatanganan Pernyataan Asesmen Lapangan);
  2. Sesi dengan Pimpinan Unit Pengelola Program Studi / UPPS (konfirmasi terkait: rencana pengembangan UPPS, sistem tata pamong, sistem pengelolaan, capaian UPPS yang dilaporkan, dan rencana pengembangan PS yang diakreditasi);
  3. Konfirmasi data LKPS / Excel Data PS (penetapan data LKPS final yang akan dijadikan dasar penilaian butir kuantitatif);
  4. Sesi dengan Pelaksana Penjaminan Mutu Internal (konfirmasi pelaksanaan, hasil dan efektivitas proses SPMI di UPPS yang meliputi seluruh siklus PPEPP, pengecekan dokumen standar, manual, instrument/tools, laporan berkala hasil SPMI di UPPS);
  5. Sesi dengan Tim Akreditasi (konfirmasi data dan informasi dalam Laporan Evaluasi Diri (LED) / Borang III A);
  6. Sesi dengan (middle) Manajemen di UPPS (konfirmasi aspek yang terkait dengan pelaksanaan pengelolaan perguruan tinggi untuk area fungsional: program akademik (tridharma) dan pengelolaan sumberdaya (SDM, keuangan, aset dan fasilitas, serta sistem informasi);
  7. Sesi dengan alumni dan pengguna eksternal (konfirmasi harapan, kepuasan atau masukan dari stakeholders external terkait luaran UPPS);

Hari Kedua tanggal 30 Juni 2022 dengan agenda sebagai berikut:

  1. Sesi dengan dosen (konfirmasi kinerja, keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan dosen);
  2. Sesi dengan Tenaga Kependidikan (konfirmasi kinerja, keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan tenaga kependidikan);
  3. Sesi dengan mahasiswa (konfirmasi keterlibatan, prestasi, pelayanan, dan kepuasan mahasiswa);
  4. Kerja mandiri Tim Asesor (penyiapan draft berita acara dan rekomendasi hasil akreditasi);
  5. Penyampaian feedback dan penandatangan Berita Acara AL (penyampaian Berita Acara ke Pimpinan UPPS dan Pengecekkan Berita Acara asesmen lapangan oleh pimpinan UPPS);
  6. Wrap Up (penandatanganan Berita Acara Asesmen Lapangan dan wrap up).

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1qjJ_wIIXHeUPiU9csuNMpVDLomy0mkoZ?usp=sharing.

Dosen UNIDHA Menjadi Pemateri dalam Bimtek Pelaku Ekraf Sumbar.

Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar adakan Bimbingan Teknis (BimTek) bagi Pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan sub kegiatan fasilitasi pengembangan kompetensi sumber daya manusia ekraf yang dilaksanakan selama tiga hari yaitu 26-28 Juni 2022 di Hotel Sakura Syari’ah Lubuk Basung.

Ibu Tiara Turay, BSBA, M.Si, PhD (Dosen S1 Manajemen) menjadi pemateri dengan topik Value Chain (Rantai Nilai) sebagai Strategy Value Added Ekonomi Kreatif Sumatera Barat”. Value Chain Analysis (VCA) adalah alat dioagnosa untuk mendukung proses perbaikan yang berkelanjutan di setiap level rantai nilai sebagai satu kesatuan. VCA dapat digunakan untuk memaparkan ketidakselarasan kegiatan operasional dan strategik dalam rantai nilai dan konsekuensi dari kesalahan alokasi sumber daya. VCA dilakukan dengan mengidentifikasi rantai yang berurutan mulai dari kegiatan utama dan pendukung yang dilakukan perusahaan dalam mentransformasikan faktor-faktor produksi sebagai input untuk produk dan layanannya. VCA memungkinkan evaluasi sistematis dari keseluruhan proses produksi dan distribusi/layanan dan dapat membantu mengidentifikasi ketidakefisienan yang diakibatkan oleh satu atau lebih disfungsionalitas dalam rantai nilai.

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1UnpY2aB5oV2GWQJDVDPHg8mVYfrafS3J?usp=sharing.

Mahasiswa UNIDHA Ikuti Program Kampus Mengajar Angkatan 4

Kampus Mengajar adalah sebuah program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa selama 1 (satu) semester untuk membantu para guru dan kepala sekolah jenjang SD dan SMP dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang terdampak pandemi. Melalui program ini, mahasiswa bisa membaktikan ilmu, keterampilan, serta menginspirasi para murid sekolah dasar dan menengah tersebut untuk memperluas cita-cita dan wawasan mereka.

Kampus mengajar merupakan bagian kegiatan pembelajaran asistensi mengajar di satuan pendidikan dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas.

Kampus mengajar bertujuan untuk membekali mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan dan keahlian dengan menjadi partner guru dan sekolah dalam menumbuhkan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran sehingga berdampak pada penguatan pembelajaran literasi dan numerasi di sekolah.

Sasaran Kampus Mengajar yaitu Mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi dibawah naungan Kemendikbudristek yang akan ditempatkan di 3.000 Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di seluruh Indonesia dalam upaya membantu peningkatan literasi dan numerasi di tingkat pendidikan dasar.

Manfaat Bagi Perguruan Tinggi dan Dosen yaitu:

  1. Mendukung perguruan tinggi untuk mencapai IKU #2: Mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus
  2. Memberi kontribusi nyata bagi penyelesaian permasalahan pendidikan khususnya di masa pandemi
  3. Memberi kesempatan kepada dosen lintas prodi untuk berkolaborasi dengan mahasiswa, sekolah dan guru dalam pengembangan pendidikan.
  4. Memberi ruang pengabdian, penerapan berbagai kajian, inovasi dan kreativitas yang dihasilkan dosen dalam peningkatan mutu pendidikan

Manfaat Bagi Sekolah yakni:

  1. Siswa mengalami pembelajaran literasi dan numerasi yang menyenangkan
  2. Siswa mengalami peningkatan kemampuan literasi dan numerasi
  3. Guru mendapatkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa secara kreatif dan menyenangkan
  4. Guru dapat mengembangkan kemampuan adaptasi teknologi

Program Kampus Mengajar Angkatan 4 (KM 4) telah dibuka pendaftarannya sejak tanggal 25 Mei s/d 12 Juni 2022. Antusiasme mahasiswa UNIDHA cukup tinggi untuk mengikuti Progam KM 4 yang tahun ini akan dilaksanakan sesuai domisili peserta (domisili KTP atau domisili PT Asal).

Koordinator PT pada program KM 4 ini yaitu Ibu Malse Anggia, STP, MP (Dosen Prodi S1 Teknologi Industri Pertanian). Dosen Tetap UNIDHA yang mendaftar sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) berjumlah 13 orang, diantaranya:

  1. Dosen Prodi D3 Akuntansi sebanyak empat orang,
  2. Dosen Prodi S1 Akuntansi sebanyak tiga orang,
  3. Dosen Prodi S1 Manajemen sebanyak tiga orang,
  4. Dosen Prodi S1 Sistem Informasi sebanyak dua orang, dan
  5. Dosen Prodi S1 Teknologi Industri Pertanian sebanyak satu orang.

Kemudian, 17 Mahasiswa (1 orang mahasiswa prodi S1 Sistem Informasi, 1 orang mahasiswa prodi S1 Ilmu Komunikasi dan 15 mahasiswa prodi S1 Manajemen) UNIDHA berhasil mendaftar pada program KM 4 ini.

Selama bulan Juni 2022 ini, calon peserta KM 4 ini akan mengikuti 3 tes online yaitu tes survei kebhinekaan, tes literasi numerik, dan tes V-CAT secara online (dimana sehari sebelumnya dilakukan simulasi online). Dokumentasi tes online dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1gC7FUKZin6NhihaOne2H7MsW1iJVKLwA?usp=sharing.

Harapan kedepannya, semoga 13 orang calon DPL KM 4 dan 17 mahasiswa calon peserta KM 4 ini lolos menjadi peserta KM 4 nantinya, aminn.

Workshop LPPM Unidha “Pemutakhiran Profil Author Sinta”

[Jum’at, 17 Juni 2022] bertempat di Aula Kampus UNIDHA Gedung B Lantai II, LPPM UNIDHA mengadakan workshop dengan tema “Pemutakhiran Profil Author Sinta”. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi pertama pada pagi hari dan sesi kedua pada siang hari dimana diikuti oleh Dosen Tetap Unidha sebanyak 100 orang dari 13 Prodi yang ada di UNIDHA.

Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional telah meluncurkan Science and Technology Index (SINTA) pertama kali pada tahun 2017 untuk memudahkan dalam melakukan pendataan, pemetaan, dan pengukuran kinerja hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Indonesia. Saat ini sudah terdaftar lebih dari 200.000 Author dari perguruan tinggi dan lembaga litbang dari seluruh Indonesia.

Dalam rangka peluncuran Science and Technology Index (SINTA) versi 3.0, dosen diminta untuk melakukan pemutakhiran profil Author pada menu “Update Profile” dengan mengisi Publon ID dan Garuda ID dan melakukan sinkronisasi dokumen dengan menekan tombol “Request Sync” pada menu “WoS Document” dan “Garuda Document”. Panduan pembuatan Publon ID dan Garuda ID dapat dilihat melalui tautan: http://bit.ly/Sinta-AuthorIDPublons  dan http://bit.ly/Sinta-AuthorIDGaruda.

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1QEjgGRuMFlRVRWi8k_2snE_pDeRyCEks?usp=sharing.

Mahasiswa/i UNIDHA Ikuti Sosialisasi MSIB

[Senin, 13 Juni 2022], Lembaga Pusat Karir (LPK) UNIDHA mengadakan Sosialisasi Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dengan menggunakan media online Zoom Meeting.

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 74P/2021 terkait implementasi MBKM yang penting bagi perguruan tinggi dan bertujuan untuk menciptakan lulusan berkualitas.

Acara ini berlangsung selama 120 menit dan diikuti oleh 80% mahasiswa/i Angkatan 2019 dan Angkatan 2020 di lingkungan UNIDHA yaitu prodi S1 Manajemen, prodi S1 Akuntansi, prodi S1 Farmasi, prodi S1 Teknologi Industri Pertanian, prodi S1 Teknik Mesin, prodi S1 Teknik Sipil, prodi S1 Matematika, prodi S1 Sistem Informasi, prodi S1 Ilmu Komunikasi, prodi S1 Ilmu Hukum, prodi S1 Sastra Inggris, prodi D3 Akuntansi dan D3 Manajemen Perusahaan.

Ketua LPK UNIDHA yakni Ibu Lasti Yossi Hastini, ST, M.Si (Dosen Prodi S1 Manajemen) menyampaikan bahwa saat ini Kemendikbud membuka program microcredentials yakni magang atau studi independen bersertifikat.

Program magang atau studi independen untuk mahasiswa S1 ditawarkan sebanyak 90% oleh calon mitra dimana tidak disebutkan secara detail jurusan / prodi artinya pembelajaran apa pun bisa dilakukan oleh mahasiswa (misal ilmu komputer, bisnis pemasaran, teknologi informasi, desain grafis, ekonomi dan masih banyak lagi).

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1jYyMwuL2zQFERc6WHttwKDMTcjHMokcM?usp=sharing.