Dosen UNIDHA Menjadi Pemateri dalam Bimtek yang Diselenggarakan oleh Politeknik APP Jakarta.

[Senin-Rabu, 20-22 Februari 2023], Dosen S1 Manajemen FEB UNIDHA yaitu Ibu Eka Mariyanti, SE, MM, PhD menjadi Pemateri dalam Bimbingan Teknis dengan tema “Peningkatan Menyusun Proposal Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Penulisan Artikel Ilmiah yang Berkualitas”. 

Ibu Eka saat ini menjalankan kegiatan PostDoctoral yang merupakan bagian dari peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) selama satu tahun ini. Beliau memaparkan sub topik tentang “Strategi Publikasi Program Pengabdian Masyarakat”.

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1F-1mJghHnkbUHvtZlE_Wnjy1Slztbl07?usp=share_link [qq].

Resmi, Dosen S1 Manajemen FEB UNIDHA Jadi Tim Ahli DPRD Provinsi Sumbar.

Dosen S1 Manajemen FEB UNIDHA, Ibu Eka Mariyanti, SE, MM, PhD diangkat menjadi Kelompok Pakar / Tim Ahli Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat Tahun Anggaran 2023 baru-baru ini.

Tim Ahli ini nantinya bertugas melakukan kajian-kajian dan analisa serta memberikan pertimbangan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas, fungsi, dan wewenang DPRD. Dalam menjalankan tugas, Tim Ahli secara teknis operasional berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Barat.

[Selasa, 7 Februari 2023], Ibu Eka dan Tim Ahli lainnya mengikuti acara Silaturahmi Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat Tahun Anggaran 2023. Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1Tox6eha4KAN5R_vz4pPQHOLFsHTErcVb?usp=share_link [qq].

Resmi, 12 Mahasiswa/i UNIDHA Ikuti Program Relawan Pajak Kanwil DJP Sumbar dan Jambi!

Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi menyelenggarakan serangkaian kegiatan pelatihan berupa Bimbingan Teknis (Bimtek) Relawan Pajak 2023 secara daring, Senin sampai dengan Selasa, 06-07 Februari 2023 (https://www.instagram.com/p/Coe00zgSAg3/?utm_source=ig_web_copy_link).

Para Relawan Pajak mendapatkan pelatihan Tata Cara Pengisian SPT PPh Badan (PP 23), Tata Cara Pengisian SPT PPh Orang Pribadi 1770 SS dan 1770 S, Tata Cara Pengisian SPT PPh Orang Pribadi 1770, dan Pemadanan NIK – NPWP yang disampaikan oleh Tim Penyuluh Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi.

Selain itu, para Relawan Pajak juga dibekali dengan materi Communication Skill yang disampaikan oleh Ketua Tax Center Akademi Akuntansi Indonesia Padang, Melli Herfina, S,E,M.Si dan materi Leadership yang disampaikan oleh Ketua Universitas Putra Indonesia ‘YPTK’ Padang, Yamasitha,S.E,M.M..

Pelatihan ini dilaksanakan untuk memberikan pembekalan keterampilan bagi calon relawan pajak yang akan memberikan pelayanan secara langsung kepada Wajib Pajak (WP) dalam bentuk pendampingan penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan maupun Sosialisasi mandiri.

Dalam pelatihan ini, ratusan Relawan Pajak terpilih yang telah melalui tahap penyaringan di Universitas dan Perguruan Tinggi masing-masing diberikan pembekalan hard skill dan soft skillTax Center UNIDHA sendiri telah membuka rekrutmen sejak 11-18 Januari 2023 (https://www.instagram.com/p/CngKOejvxSm/?utm_source=ig_web_copy_link). Dari belasan peserta yang mendaftar, 12 Mahasiswa/i FEB UNIDHA dinyatakan lolos Relawan Pajak Tahun 2023.

Berikut rinciannya:

1 Milani Agustin / D3 Akuntansi
2 Rio Andika / D3 Akuntansi
3 Chori Chornelia / D3 Akuntansi
4 Vellia Martha Laura / D3 Manajemen Perusahaan
5 Lian Anda Resta / D3 Manajemen Perusahaan
6 Femi Yulia Putri / D3 Manajemen Perusahaan
7 Regina Permata Adisty / S1 Akuntansi
8 Ragita Cahyani / S1 Akuntansi
9 Tri Swastati Faozi Zai / S1 Akuntansi
10 Yesi Puspita Sari / S1 Manajemen
11 Nauval Saputra / S1 Manajemen
12 Hari Putra Wardana / S1 Manajemen

Keduabelas relawan pajak ini diberikan pelatihan tentang dasar perpajakan, pengisian SPT, dan komunikasi efektif pada 21 dan 25 Januari 2023 oleh Tax Center UNIDHA. Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1upshfJ4E1efBYTCYp_VEcqZv4OQQqBUV?usp=share_link [qq].

AL LAMEMBA Prodi S1 Akuntansi FEB UNIDHA

LAMEMBA adalah Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi yang bertugas untuk melakukan proses Akreditasi untuk Program Studi di Bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, yang diprakasai oleh Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia  (ISEI), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), dan Asosiasi Fakultas Ekonomi, dan Bisnis Indonesia (AFEBI).

Awal Februari 2023 merupakan hari bersejarah bagi Tim DKPS S1 AKUNTANSI FEB UNIDHA maupun Tim DED S1 AKUNTANSI FEB UNIDHA. Penantian panjang hampir 3 bulan akan diperjuangkan dan dinilai oleh Tim Asesor APS selama dua hari. Hasil yang terbaik tentu diinginkan oleh semua pihak baik dosen, tendik maupun mahasiswa. Berikut dijabarkan Agenda Kegiatan Asesmen Lapangan (AL) secara offline untuk Akreditasi Program Studi (APS) Universitas Dharma Andalas. Hari Pertama tanggal 6 Februari 2023 dengan agenda sebagai berikut:

  1. Pembukaan asesmen (pengenalan panel asesor, pembacaan dan penandatanganan Pernyataan Asesmen Lapangan);
  2. Sesi dengan Pimpinan Unit Pengelola Program Studi / UPPS (konfirmasi terkait: rencana pengembangan UPPS, sistem tata pamong, sistem pengelolaan, capaian UPPS yang dilaporkan, dan rencana pengembangan PS yang diakreditasi);
  3. Konfirmasi data dan informasi dalam DKPS (penetapan data DKPS final yang akan dijadikan dasar penilaian);
  4. Sesi dengan Pelaksana Penjaminan Mutu Internal (konfirmasi pelaksanaan, hasil dan efektivitas proses SPMI di UPPS yang meliputi seluruh siklus PPEPP, pengecekan dokumen standar, manual, instrument/tools, laporan berkala hasil SPMI di UPPS);
  5. Sesi Pemeriksaan Dokumen Pendukung (Pengecekan dokumen pendukung yang relevan)
  6. Sesi dengan Tim Akreditasi (konfirmasi data dan informasi dalam DED)
  7. Sesi dengan (middle) Manajemen di UPPS (konfirmasi aspek yang terkait dengan pelaksanaan pengelolaan perguruan tinggi untuk area fungsional: program akademik (tridharma) dan pengelolaan sumberdaya (SDM, keuangan, aset dan fasilitas, serta sistem informasi);
  8. Sesi dengan alumni dan pengguna eksternal (konfirmasi harapan, kepuasan atau masukan dari stakeholders external terkait luaran UPPS);

Hari Kedua tanggal 7 Februari 2023 dengan agenda sebagai berikut:

  1. Peninjauan lapangan (Pengecekan fasilitas; Mengobservasi proses belajar mengajar, mahasiswa bekerja di
    Lab. dan lain-lain; Pengecekan ruang dosen dan tenaga kependidikan; Pengecekan fasilitas umum dan fasilitas
    pendukung lainnya)
  2. Sesi dengan dosen (konfirmasi kinerja, keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan dosen);
  3. Sesi dengan Tenaga Kependidikan (konfirmasi kinerja, keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan tenaga kependidikan);
  4. Sesi dengan mahasiswa (konfirmasi keterlibatan, prestasi, pelayanan, dan kepuasan mahasiswa);
  5. Kerja mandiri Tim Asesor (penyiapan draft berita acara dan rekomendasi hasil akreditasi);
  6. Penyampaian feedback dan penandatangan Berita Acara AL (penyampaian Berita Acara ke Pimpinan UPPS dan Pengecekkan Berita Acara asesmen lapangan oleh pimpinan UPPS);
  7. Pertemuan penutup (penandatanganan Berita Acara Asesmen Lapangan dan Penyampaian Rekomendasi Hasil
    Akreditasi).

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1fXHYNVArdMoXRjEHAButTzOy4bUQa6bL?usp=share_link [qq]

Pelantikan Badan Pengurus dan Pengawas Yayasan Pendidikan Dharma Andalas Periode 2023-2027

[Kamis, 26 Januari 2023] bertempat di Gedung B Lantai II Aula Kampus UNIDHA, secara hybrid dilaksanakan “Pelantikan Badan Pengurus dan Pengawas Yayasan Pendidikan Dharma Andalas (YPDA) Periode 2023-2027”. Acara ini dihadiri langsung oleh Pembina, Pengawas, dan Pengurus Yayasan Pendidikan Dharma Andalas periode yang lama dan yang baru, Dosen, Tendik, serta ormawa selingkup kampus UNIDHA.

Acara ini dimulai pukul 14.30 Wib, yang dibuka langsung oleh MC Ibu Dra. Maivalinda, MM (Dosen S1 Manajemen) dan dilanjutkan dengan pelaksanaan acara inti yaitu pelantikan Badan Pengurus dan Pengawasan YPDA yang baru serta pengucapan sumpah jabatan oleh Pengurus YPDA periode 2023-2027.

Susunan Pengurus YPDA Periode 2023-2027 yaitu: Ketua: Prof. Dr. Herri, SE, MBA; Sekretaris: Prof. Dr. Busyra Azheri SH, M.Hum; Bendahara: Dr. Suhairi, SE, M.Si; Anggota: (1) Prof. Dr. Safni, M.Eng (2) Sukri Umar, S.Pt, M.Si (3) Prof. Dr. Fauzan, ST, M.Eng.

Susunan Pengawas YPDA Periode 2023-2027 yaitu: Ketua: dr. Muchlis Hasan, Sp.OG; Sekretaris: Dr.H. Alfan Miko, M.Si; Anggota: (1) Drs. Syarief Ali, MA (2) Ir. M. Shadiq Pasadigoe, SH, MM (3) Teddy Alfonso, SE, Ak, MM, CA, CMA, CPA, CRA (4) Novian Zen, SE, Ak, MM

“Dengan dilantiknya struktur baru Badan Pengurus dan Badan Pengawas YPDA ini, diharapkan bisa bekerja sama dengan Universitas dengan baik dan bisa meningkatkan akreditasi agar lebih dikenal oleh banyak orang” ujar Bapak Dr. Dodi Devianto, S.Si, M.Sc selaku Plt. Rektor Universitas Dharma Andalas.

Mengingat kepengurusan yang lama sudah bekerja dengan baik dan maksimal maka dari itu pelantikan Badan Pengurus dan Badan Pengawas yang baru ini diharapkan mampu membawa UNIDHA lebih baik dan lebih unggul lagi ke depannya serta memiliki kontribusi dalam kemajuan yang besar, sehingga UNIDHA dapat menghasilkan lulusan-lulusan terbaik juga menguasai kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja.

“Marilah kita bersama-sama menyatukan langkah dan bergandengan tangan untuk memajukan Universitas Dharma Andalas” ujar Bapak Prof. Herri, SE, MBA selaku Ketua Badan Pengurus YPDA periode 2023-2027.

Badan Pengurus dan Pengawas YPDA menyebutkan sejumlah program kerja yang akan dijalankan serta pembangunan gedung-gedung yang sudah diwacanakan sebelumnya. Kedepannya diharapkan juga baik akreditasi kampus maupun jurusan dapat meningkat dari sebelumnya.

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1Qq1ZehBjmpy2ZuT2xVE5JURAF5nJgur9?usp=share_link [qq]

REPORTER : UKPM GALANG

Sosialisasi Program MSIB 4 dan PMM 3 kepada Pimpinan Prodi UNIDHA

[Rabu, 21 Desember 2022] bertempat di Ruang Rapat Gedung A Lantai 2 mulai pukul 13.30 sampai dengan pukul 16.00, Unit MBKM Unidha @mbkm_unidha melaksanakan Sosialisasi MBKM yaitu MSIB 4 dan PMM 3. Kegiatan ini dihadiri oleh Ka.Bapem Universitas, Ka.BAAK, Ka.ICT, Dekan FEB, Wadek FEB, Kaprodi, Sekprod, dan GKM Prodi di Lingkungan Unidha.

Acara ini dibuka oleh Ibu Ratnawati Raflis, SE, MM (Dosen S1 Akuntansi) selaku Ka.Unit MBKM dan Plt. Rektor Bapak Dr. Dodi Devianto. Agenda pertama yaitu Sosialisasi Program Magang dan Studi Independen Batch 4 (MSIB 4) oleh Ibu Lasti Yossi Hastini, ST, M.Si (Dosen S1 Manajemen). Beliau memaparkan program MSIB yang telah diikuti oleh mahasiswa UNIDHA mulai dari batch 1 s/d 3. Info lengkap program MSIB bisa dilihat pada instagram LPK Unidha yaitu @lpk.unidha.

Agenda kedua yaitu Sosialisasi Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 3 (PMM 3) oleh Ibu Siska Lusia Putri, SP, MM (Dosen S1 Manajemen). Beliau memaparkan program PMM 2 yang diikuti oleh mahasiswa UNIDHA. Kemudian menginformasikan bahwa ada perbedaan persyaratan PMM 2 dan PMM 3. Pada PMM 3, mahasiswa vokasi yaitu D3 Manajemen Perusahaan dan D3 Akuntansi sudah bisa mengikuti program ini. Info lengkap keseharian mahasiswa UNIDHA selama mengikuti program PMM 2 bisa dilihat pada instagram PMM 2 yaitu @pmm2.unidha.

Agenda ketiga penjelasan mengenai Program Kampus Mengajar oleh Ibu Malse Anggia, STP, MP (Dosen S1 TIP). Beliau memaparkan bahwa KM 4 telah selesai dilaksanakan oleh mahasiswa UNIDHA. Untuk program KM 5 telah selesai dilaksanakan ujian survei kebhinekaan (surbin) untuk calon DPL dan ujian surbin, literasi dan numerasi untuk calon peserta KM 5 baru-baru ini.

Harapannya semoga Tahun 2023, mahasiswa/i Unidha banyak yang lolos program-program yang ditawarkan oleh MBKM mulai dari KM5, MSIB4, PMM3, WM2 dan lainnya. Agenda berikutnya yaitu Sosialisasi Program MBKM kepada Mahasiswa/i Unidha yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1jqiJ-_XOm9s2-bfsnrCIVdBwDqsN87TN?usp=share_link.

Mahasiswa S1 Manajemen UNIDHA Juara I “Lomba Kuliner Kreatif Khas Daerah” Minang CrEFt 2022

Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Barat secara resmi memulai kegiatan Minangkabau Creative Economy Festival (Minang CrEFt)  2022 di kawasan GOR Agus Salim Padang, Sabtu 26 November 2022. Kepala Perwakilan BI Sumbar Wahyu Purnama mengatakan terlaksananya kegiatan tersebut berkat kolaborasi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan Bank Indonesia Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumbar.

Menurut Wahyu, “Minang CrEFt merupakan bagian untuk mendukung suksesi Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023 yang telah dicanangkan sebelumnya, serta mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI)”. Pada kegiatan tersebut juga terdapat pameran 100 stand UMKM, lomba kreatif Cinta Bangga Paham Rupiah, lomba karnaval kreatif diikuti 1400 peserta dari berbagai unsur, penampilan Band GIGI, Orkes Taman Bunga, hingga talkshow UMKM dengan Andy F Noya.

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah meninjau langsung event Minang CrEFt 2022 di Gor Haji Agus Salim Padang, Sabtu (26/11/2022). Acara tersebut dihelat selama tiga hari mulai Sabtu-Senin (26-28/11/2022) dengan tajuk “dari kito untuak kito basamo”. Mahyeldi mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu Program Pemprov Sumbar untuk meningkatkan perekonomian di Sumatera Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Sumatera Barat. Melalui kegiatan ini, produk UMKM se-Sumbar serta dari BUMN akan dipromosikan. Berbagai produk UMKM dari Sumatera Barat kita tampilkan di sini.  

Acara ini tidak hanya dimeriahkan oleh pameran UMKM se-Sumbar saja, namun juga dihiasi dengan serangkaian lomba seperti lomba kuliner kreatif khas daerah, lomba desain busana kreatif tenun Minang, lomba fashion street creative, lomba street dance kreatif, lomba fotografi on the spot, lomba video tiktok “ayo berwisata ke sumbar 2023”, lomba karya kreatif hingga penampilan dari Naga Band hingga Orkes Taman Bunga.

Hanifa Suhada (Mahasiswa Prodi S1 Manajemen UNIDHA) turut serta memeriahkan acara Minang CrEFt 2022. Hanifa yang aktif menjadi anggota GenBI ini mengikuti Lomba Kuliner Kreatif Khas Daerah. Alasan ikut lomba ini pun simple, saat buka Instagram, muncul pamflet dari https://www.instagram.com/p/CkNRvpDphno/?utm_source=ig_web_copy_link Karena hobi masak, aktif di GenBI pula, isenglah daftar lomba ini (orang tua dan saudara support penuh). Sempat bingung mau bikin apa, terus ingat mama dulu suka masak Tumbang (bahan dasar dari Ubi Singkong yang dicampur dengan Unti Kelapa), imbuh Hanifa.

Persiapan untuk lomba pun dilakukan secara mandiri. Makanan yang disajikan dinamai “TumBI Dessert Box (Tumbang Ubi Dessert Box)” merupakan makanan khas daerah Padang Pariaman. Walaupun daftar jelang penutupan pendaftaran 20 November 2022, sempat pasrah karena lomba terbuka untuk umum namun Hanifa tetap percaya diri karena masakan ini inovatif dan kreatif di kalangan anak muda.

Tiga hari kemudian tepatnya 23 November 2022, diumumkan secara resmi di instagram Bank Indonesia perwakilan Sumbar, Hanifa mejadi Top 10 Finalis Lomba Kuliner Kreatif Khas Daerah dari 68 peserta se-Sumbar (https://www.instagram.com/p/ClRN_yEyELM/?utm_source=ig_web_copy_link). Kesepuluh finalis ini harus tampil di acara Minang CrEFt 2022 di Gor Haji Agus Salim pada 28 November 2022 pukul 09.00 untuk mendemokan masakannya di hadapan Juri (utusan BI, Chef Ica, dan DaLip) dan penentuan Juara 1, 2, dan 3.

Saat mendemokan masakan ini, hanifa sempat insecure karena saat technical meeting, Finalis Top 10 Lomba Kuliner Kreatif Khas Daerah ini didominasi Ibu-Ibu yang berpengalaman soal masak memasak. Dengan bekal semangat dan persiapan yang matang, hanifa memperoleh nomor urut 2 untuk mendemokan masakan ini. Satu hal yang memotivasi saat itu, “masak dengan penuh cinta ditambah micin ikhlas dan digarnish dengan senyuman Insya Allah masakan menjadi enak”, terang Hanifa. Sempat mau nangis saat demo masak, karena peserta lain udah siap, sedangkan Hanifa masing fokus platting saat itu. Namun karena ditemani orang-orang spesial, kepercayaan diri ini pun tumbuh kembali, sehingga bisa diselesaikan dengan baik. Singkat cerita, di penghujung acara, diumumkanlah Hanifa sebagai Juara I Lomba Kuliner Kreatif Khas Daerah. Saat itu, Hanifa merasa kaget, senang, sedih, bersyukur, berasa mimpi dan nggak nyangka lolos hingga menjadi pemenang dalam lomba ini. Harapan kedepannya, semoga ini bisa menjadi ajang memulai kesuksesan, karena dulu punya cita-cita di bidang kuliner, imbuh Hanifa.

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1rxYy7bxEex3QEu84DxGMp_Bs_BXUka5T?usp=share_link.

Unit MBKM UNIDHA Sosialisasikan Program Kampus Mengajar dan Magang Studi Independen Bersertifikat.

[Kamis, 24 November 2022] dengan menggunakan media Zoom Meeting, Unit Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UNIDHA laksanakan Sosialisasi Program Kampus Mengajar Batch 5 dan Magang Studi Independen Bersertifikat Batch 4 kepada Dosen dan Mahasiswa UNIDHA.

Unit MBKM UNIDHA yang terdiri dari Ibu Ratnawati Raflis, SE, MM, Ak, CA (Ketua / Prodi S1 Akuntansi), Ibu Nurweni Putri, S.Si, M.Si (Sekretaris / Prodi S1 Matematika), Ibu Malse Anggia (Koordinator PT Program Kampus Mengajar / Prodi S1 Teknologi Industri Pertanian), Ibu Lasti Yossi Hastini, ST, M.Si (Koordinator PT Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat / Prodi S1 Manajemen), dan Ibu Siska Lusia Putri, SP, MM (Koordinator PT Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka / Prodi S1 Manajemen).

Kegiatan yang berlangsung selama 120 menit ini, Ibu Anggi menjelaskan persyaratan program kampus mengajar, dokumen apa saja yang mesti disiapkan dan testimoni dari peserta KM 4 yang diwakili oleh Dian dan Widya (keduanya dari Prodi S1 Manajemen). Pada program MSIB, Ibu Lasti menjelaskan apa saja tips dan trik memilih perusahaan favorit, ajakan menyiapkan CV jelang pendaftaran MSIB 4 dibuka dan testimoni dari MSIB 3 yang diwakili oleh Alex (Prodi S1 Sistem Informasi) dan Aulia (Prodi S1 Ilmu Komunikasi).

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1rR7CtZ3_FviLMOADi6LtxkaTY6RUQTrU?usp=share_link

Dosen UNIDHA menjadi Pemateri dalam Kegiatan Vocational Training KOTAKU (Pelatihan Pengelolaan Persampahan).

[Selasa-Kamis, 22 s/d 24 November 2022], Dosen S1 Manajemen FEB UNIDHA Bapak Febri Rahadi, SE, MS menjadi Pemateri dalam Kegiatan Vocational Training KOTAKU (Pelatihan Pengelolaan Persampahan) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Cipta Karya Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumbar Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Sumatera Barat.

Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) merupakan salah satu upaya untuk mencapai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dengan target penanganan kumuh seluas 10.000 ha. Pada RPJMN sebelumnya, Program KOTAKU telah berkontribusi dalam target penanganan kumuh tahun 2015-2019 seluas 23.962 Ha dari target 23.656 Ha. Pendekatan kegiatan untuk penanganan kumuh dilakukan melalui kegiatan skala lingkungan dan skala kawasan.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka dilakukan kegiatan pelatihan vokasi  Pengelolaan Persampahan, yaitu pelatihan keterampilan untuk pengelolaan persampahan baik mengelola sampah organik maupun anorganik, sistem pengelolaan bank sampah, produksi magot, kompos, dan memproduksi daur ulang sampah menjadi produk kerajinan dan lain-lain.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari berturut-turut di Hotel Nan Tongga, Pariaman dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Meningkatkan pengetahuan masyarakat, pemda dan pengelola terkait dengan pengelolaan sampah.
  2. Meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat, pemda dan pengelola dalam pengelolaan persampahan dan ekonomi sirkular.
  3. Adanya peran serta peserta (bagian unsur masyarakat) dalam mengubah perilaku dalam pengelolaan sampah untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat

Adapun materi yang disampaikan oleh Dosen UNIDHA yaitu Pengelola Keuangan dengan peserta pelatihan Pengelolaan Persampahan meliputi:

  1. Dinas terkait dengan pengelolaan persampahan, Air Minum dan Sanitasi;
  2. Anggota BKM;
  3. Anggota pengelola/pekerja persampahan TPST/TPS3R/Bank Sampah

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1WsmyxeWm3Ld0tNdhJA0G1VOlAR2Ask0g?usp=share_link.