Dosen UNIDHA menjadi Pemateri dalam Workshop Content Creator

[Senin, 5 September 2022] bertempat di Aula Kampus UNIDHA Gedung A Lantai II, Dosen S1 Manajemen FEB UNIDHA yaitu Bapak Febri Rahadi, SE, MS menjadi Pemateri dalam Workshop Content Creator.

Acara ini dibuka oleh Dekan FEB UNIDHA yaitu Bapak Dr. Emrizal, SE, MM dan diikuti oleh Mahasiswa/i Prodi D3 Akuntansi FEB UNIDHA. Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1t9cCWGsNaM9gKRTkpUqnPCSgbZ1NbPl3?usp=sharing.

BAPEM UNIDHA Laksanakan “Workshop Penyempurnaan dan Pengembangan Instrumen AMI”

[Sabtu, 3 September 2022] bertempat di Ruang Rapat Gedung B Lantai II, Badan Penjaminan Mutu Universitas Dharma Andalas (BAPEM UNIDHA) laksanakan Workshop Penyempurnaan dan Pengembangan Instrumen AMI bagi Auditor Mutu Internal di Lingkungan Kampus UNIDHA.

Kegiatan ini diawali dengan Pemaparan standar dan penyamaan persepsi oleh Ibu Lucy Chairoel, Ph.D (S1 Manajemen), Ibu Fitria Rahmi, S.E, M.M, Ak (D3 Akuntansi), dan Bapak Dr. Fiko Farlis, S.E, M.M (D3 Manajemen Perusahaan).

Selanjutnya pengerjaan Instrumen AMI oleh TIM, dengan rincian sebagai berikut:

-Instrumen AMI untuk unit LPPM dan unit BAAK, yakni: Koordinator: Lucy Chairoel, Ph.D
Anggota: a. Islahuddin, S.T, M.T (S1 Teknik Mesin) b. Fitrah Mulyani, SST, M.Si (D3 Akuntansi)

-Instrumen AMI untuk unit ICT dan unit BAUSD, yakni: Koordinator: Dr. Fiko Farlis, S.E, M.M Anggota: a. Dina Anggraini, S.E, M.Si (D3 Akuntansi) b. Febri Rahadi, S.E, M.S ( S1 Manajemen)

-Instrumen AMI untuk Fakultas dan Prodi, yakni: Koordinator: Fitria Rahmi, S.E, M.M, Ak
Anggota: a. Dr.M. Henny Sulistianingsih, SE, M.Si (S1 Manajemen) b. Dra. Maivalinda, M.M (S1 Manajemen)
c. Malse Anggia, STP, MP (S1 Teknologi Industri Pertanian) d. Rabbi Antaridha, S.S, M.A (S1 Sastra Inggris)

Tujuan akhir kegiatan ini adalah tersedianya instrumen audit untuk pelaksanaan audit mutu internal untuk Prodi, Fakultas dan Unit tahun 2022.

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1Gn8YMzXb91gm4UQIZvPVFIIuEK08WxCN?usp=sharing

Workshop LPPM UNIDHA Bidang Sosial Humaniora “Tips dan Trik Menembus Jurnal Internasional”

[Jumat, 3 September 2022] bertempat di Aula Kampus UNIDHA Gedung B Lantai II, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNIDHA melaksanakan Workshop Bidang Sosial Humaniora dengan tema “Tips dan Trik Menembus Jurnal Internasional” dengan narasumber Bapak Donard Games, SE, M.Bus (Adv), PhD (Dosen UNAND).

Menurut Bapak Donard, ada 5 kesalahan yang umumnya dilakukan oleh peneliti (disebut dengan istilah PANCA SALAH) dalam submit Jurnal Internasional yaitu:

  1. Salah menentukan judul
  2. Salah membuat abstrak
  3. Salah membuat pendahuluan
  4. Salah memasukkan tema/topik jurnal
  5. Salah memilih jurnal untuk publikasi

Pada kegiatan tersebut, Ibu Dr. Yesi Elsandra, SE, M.Si (Prodi S1 Manajemen / Ketua LPPM UNIDHA) bertindak sebagai moderator. Workshop Online Bidang Sosial Humaniora ini diikuti oleh 20 peserta dari 7 prodi yakni prodi D3 Akuntansi, prodi D3 Manajemen Perusahaan, prodi S1 Manajemen, prodi S1 Akuntansi, prodi S1 Ilmu Hukum, prodi S1 Ilmu Komunikasi, dan prodi S1 Sastra Inggris.

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1iitCzliOyOCO2LSGpwwbzjGxoPiEXsM7?usp=sharing.

Dosen UNIDHA Ikuti Program Post-Doc Batch 2 di Lingkungan BRIN.

Berdasarkan Surat Persetujuan Nomor: B-8944/III.12.2/KS.00.02/9/2022 yang dikeluarkan oleh Pusat Riset Kebijakan Publik BRIN pada tanggal 1 September 2022 tentang Persetujuan untuk Berkolaborasi Riset dan Surat Persetujuan Nomor: B-10425/II.5.4/TU.03.02/9/2022 yang dikeluarkan oleh Direktorat Manajemen Talenta BRIN pada tanggal 20 September 2022 tentang Pengarahan Program Post-doctoral dan Visiting Researcher, Ibu Eka Mariyanti, PhD (Dosen S1 Manajemen) menjadi bagian dari 49 peserta Post-doctoral dan Visiting Researcher Tahun 2022 dalam Program Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia melalui Mobilitas Periset di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Program Post-doctoral ini merupakan program pengembangan kapasitas sumber daya manusia melalui mobilitas periset melalui kolaborasi penelitian, pengembangan, pengkajian, dan/atau penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di BRIN. Ibu Eka merupakan salah satu dari 39 peserta Post-doctoral dengan Pusat Riset Kebijkaan Publik.

Adapun tujuan dari program ini yaitu meningkatkan kompetensi sumber daya manusia periset sehingga berkontribusi untuk peningkatan iklim riset dan inovasi nasional melalui peningkatan jumlah publikasi pada jurnal ilmiah bereputasi tinggi, produk inovatif, dan terjalinnya kerjasama riset nasional ataupun internasional.

Program ini dilaksanakan selama 1 (satu) tahun, dan dapat diperpanjang selama 1 (satu) tahun berdasarkan hasil evaluasi oleh Direktorat Manajemen Talenta BRIN. Peserta program Pascadoktoral mendapatkan insentif dalam bentuk biaya hidup. Besaran insentif ditetapkan dengan keputusan BRIN sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Luaran yang diharapkan dihasilkan oleh peserta Post-doctoral adalah menghasilkan publikasi ilmiah pada jurnal terindeks global bereputasi tinggi sebanyak 2 (dua) buah pertahun yang diunggah dan dilaporkan dalam sistem informasi yang ditentukan oleh BRIN.

Hak dan Kewajiban Peserta dalam mengikuti program ini mencakup:

  1. Peserta wajib menjalani kegiatan riset sesuai dengan bidang kepakaran, dalam kelompok riset pada pusat riset di BRIN, dengan durasi sesuai yang ditetapkan dalam Keputusan Deputi Sumber Daya Manusia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Badan Riset dan Inovasi Nasional.
  2. Peserta wajib melakukan presensi pada sistem informasi yang ditentukan setiap hari kerja pada awal dan akhir jam kerja.
  3. Peserta wajib mengunggah laporan kegiatan atau kemajuan riset pada sistem informasi setiap akhir bulan.
  4. Peserta wajib mengunggah laporan akhir kegiatan riset dan bukti keluaran hasil riset pada sistem informasi pada akhir pelaksanaan program Post-doctoral.
  5. Mendapatkan insentif sesuai ketentuan.
  6. Menggunakan peralatan dan fasilitas sesuai dengan lingkup kegiatan riset yang dilakukan oleh kelompok riset host.
  7. Mengajukan perpanjangan jangka waktu kegiatan.

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1oXTfDnUyU5SngRbeLg4Wu_TZyxqYWqYg?usp=sharing.

Dosen UNIDHA Menjadi Pemateri dalam Pelatihan Digitalisasi Branding Kota Sawahlunto

[Selasa, 23 Agustus 2022], Dosen S1 Manajemen FEB UNIDHA yaitu Bapak M. Abdilla, ST, MSM dan Ibu Eka Mariyanti, PhD diundang untuk menjadi narasumber dalam Pelatihan Digitalisasi Branding yang digagas oleh Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kota Sawahlunto.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari di Grand Royal Denai Hotel, Bukittinggi dalam upaya meningkatkan SDM Pelaku Industri Pariwisata dan Ekraf di Kota Sawahlunto. Bapak Abdilla menyampaikan materi tentang “Pemanfaatan Pemasaran Digital untuk Pelaku Bisnis Pariwisata” dan Ibu Eka dengan materi yang berjudul “Ekosistem Digital Destinasi”.

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1My9UFAYSjO8mDT-JBZrW-v9j20QxhPfy?usp=sharing.

Dosen UNIDHA Laksanakan Pelatihan Manajemen Keuangan & Produksi bagi UMKM Tanah Datar.

[Jum’at, 19 Agustus 2022] bertempat di Nagari Pasie Laweh Kec. Sungai Tarab, Kab. Tanah Datar, Prov. Sumbar, Tim PkM UNIDHA yang terdiri dari Ibu Malse Anggia, STP, MP (Dosen S1 Teknologi Industri Pertanian), Ibu Sari Octavera, ST, MM (Dosen S1 Manajemen), dan Bapak Meiki Eru Putra, ST, MT (Dosen S1 Teknik Mesin) serta Mahasiswa/i UNIDHA melaksanakan Pelatihan Manajemen Keuangan & Produksi Bagi Usaha Bubuk Kopi Asli Pusako Bundo di Nagari Pasie Laweh.

Kegiatan ini terlaksana karena Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) UNIDHA yang diketuai oleh Ibu Anggi, sebagai salah satu Penerima Pendanaan Skema Kemitraan Masyarakat pada Program Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) Program Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Tahun Anggaran 2022 Tahap Kedua Nomor 072/E5/PG.02.00/2022 tanggal 25 Mei 2022.

Pelatihan yang dilaksanakan di Kantor Wali Nagari Pasie Laweh ini, diikuti oleh UMKM yang ada di Nagari tersebut. Tim PkM UNIDHA terbentuk dari kolaborasi tiga bidang yaitu:

1. Pengelolaan Keuangan (menyusun laporan keuangan dan perhitungan BEP produksi) oleh Ibu Sari,

2. Manajemen Produksi Produk, Perhitungan Komposisi Produk yang Tepat, Pendampingan Pengurusan Ijin PRT, Merek dan Kemasan Produk oleh Ibu Anggi,

3. Pembuatan dan Pemberian Mesin Pengolahan Kopi oleh Bapak Meiki (selama ini mitra menyewa mesin kopi milik orang lain dan belum memiliki mesin pembuatan kopi milik sendiri).

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1Ufb-JXCWNgkqBatkcAF2sIVSYw_II_pO?usp=sharing.

Sosialisasi SIAKAD (Sistem Informasi Akademik) UNIDHA

[Kamis, 18 Agustus 2022] bertempat di Aula Kampus UNIDHA Gedung B Lantai II, Dosen UNIDHA mengikuti Sosialisasi SIAKAD (Sistem Informasi Akademik) UNIDHA. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor UNIDHA yaitu Bapak Prof. Dr. Apt. Deddi Prima Putra dan diikuti oleh 60% Dosen Tetap UNIDHA.

Setelah sosialisasi SIAKAD pada Dosen UNIDHA, sosialisasi pada Mahasiswa/i UNIDHA dilaksanakan dari tanggal 21 s/d 23 Agustus 2022 secara online dengan menggunakan media Zoom Meeting.

Selanjutnya, Tahun Akademik Ganjil 2022/2023 nanti UNIDHA akan menggunakan portal akademik SIAKAD (https://unidha.saturanet.com/) ini.

Dokumentasi selanjutnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1A7qXnL1Vyy8dokf7o3V2CxWC_OBgB97R?usp=sharing.

Dosen Prodi S1 Manajemen Ikuti Lokakarya RPS Kurikulum 2022.

[Senin-Selasa, 15-16 Agustus 2022] bertempat di Ruang Perpustakaan UNIDHA Gedung B Lantai II, Dosen Pengampu Mata Kuliah di Prodi S1 Manajemen mengikuti Lokakarya Penyelarasan dan Pemantapan RPS Mata Kuliah Kurikulum 2022. Kegiatan ini digagas oleh Ibu Siska Lusia Putri, SP, MM (Dosen S1 Manajemen) dan Bapak Febri Rahadi, SE, MS (Dosen S1 Manajemen).

Pada hari pertama (15/8/2022), Kaprodi S1 Manajemen yaitu Ibu Dr. Henny Sulistyaningsih, SE, M.Si membuka kegiatan dan memaparkan secara singkat kurikulum 2022 prodi S1 Manajemen yang mulai diterapkan semester 1 untuk Tahun Akademik Ganjil 2022/2023.

Panitia telah membagi Kelompok Bidang Keahlian (KBK) dan meminta setiap Tim KBK duduk bersama membahas Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah yang akan diampu. KKBK adalah kelompok yang dibentuk oleh dosen-dosen yang memiliki bidang keahlian yang sama. KBK berfungsi untuk mengatur regulasi perkuliahan untuk mata kuliah serumpun dan mengembangkan ilmu pengetahuan sesuai bidang keahlian melalui penelitian secara berkelompok sesuai bidang keahliannya.

Pada hari kedua (16/8/2022), Dekan FEB UNIDHA yaitu Bapak Dr. Emrizal, SE, MM menutup Lokakarya RPS ini dan di akhir acara dilakukan sesi foto bersama. Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1kx7MBurmngXqIqXgHHdFBly63csLxtia?usp=sharing.

Dosen S1 Manajemen UNIDHA Ikuti Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Internasional di Yogyakarta.

[Kamis-Sabtu, 11 s/d 13 Agustus 2022] bertempat di Hotel Innside by Melia Yogyakarta, Ibu Lucy Chairoel, SE, M.Si, PhD (Dosen S1 Manajemen) mengikuti Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Internasional Tahun 2022.

Ibu Lucy merupakan salah satu dari 50 peserta yang terpilih dari Kemendikbud Ristek. Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu dalam upaya meningkatkan jumlah publikasi dan meningkatkan kemampuan para dosen/peneliti perguruan tinggi dalam menulis artikel ilmiah yang memenuhi standar baku, Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi bekerja sama dengan Universitas Ahmad Dahlan.

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1NEn4vmhnyPo8aL8plN1_tiu6_Fs1hpKZ?usp=sharing.

Lagi, Unidha Lepas Mahasiswa Ikuti MBKM

Keseriusan ditunjukkan jajaran pimpinan Universitas Dharma Andalas (Unidha) merealisasikan program kampus merdeka. Salah satunya, lewat pelaksanaan pertukaran mahasiswa merdeka, kampus mengajar, magang dan studi independen bersertifikat (MBKM).

Bahkan, Rektor Unidha Prof Dr Apt Deddi Prima Putra baru-baru ini melepas secara resmi mahasiwa yang mengikuti program MBKM. Dia mengingatkan, mahasiswa bisa menguasai ilmu di lapangan dan mempertanggungjawabkan semua aktivitasnya.

”Jangan semata-mata hanya mengejar nilai. Bukalah diri dengan terlibat langsung di semua aktivitas di mana ditempatkan. Jangan permalukan institusi. Komunikasi penting, terutama memahami lawan bicara,” ujar Prof Deddi di kampus Unidha Simpangharu, Padang.

Kegiatan yang dikelola Unit MBKM Unidha diketuai Ratnawati Raflis SE MM Ak CA (dosen S-1 Akuntansi) dan Sekretaris Nurweni Putri SSi MSi (dosen S-1 Matematika) itu, mahasiswa yang mengikuti program pertukaran mahasiswa merdeka batch 2 dikoordinatori Siska Lusia Putri SP MM (dosen S-1 Manajemen) berjumlah delapan mahasiswa.

Untuk program kampus mengajar batch 4 dikoordinatori Malse Anggia STP MP (dosen S-1 Teknologi Industri Pertanian) ini diikuti empat mahasiswa.

Sedangkan program magang dan studi independen bersertifikat batch 3 dikoordinir Lembaga Pusat Karir (LPK) Unidha dengan Ketua Lasti Yossi Hastini ST MSi (dosen S-1 Manajemen) diikuti empat mahasiswa. (cr1).

*sumber: padek.jawapos.com / Editor : Novitri Selvia – 12 August 2022 11:50 am

Selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://padek.jawapos.com/pendidikan/12/08/2022/lagi-unidha-lepas-mahasiswa-ikuti-mbkm/.