WhatsApp-Image-2020-07-02-at-7.38.48-AM

Workshop LPPM UNIDHA “Sosial Humaniora”

[Senin, 6 Juli 2020], Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNIDHA melaksanakan Workshop Online Bidang Sosial Humaniora dengan tema “Teknik Penulisan Proposal Penelitian yang Kompetitif” dengan narasumber Ibu Prof. Dr. Ratni Prima Lita, SE, MM.

moderator workshop online

Pada kegiatan tersebut, Bapak Heru Aulia Azman, PhD (Prodi S1 Manajemen / Ketua LPPM UNIDHA) bertindak sebagai moderator. Workshop Online Bidang Sosial Humaniora ini diikuti oleh 50 peserta dari 7 prodi yakni prodi D3 Akuntansi, prodi D3 Manajemen Perusahaan, prodi S1 Manajemen, prodi S1 Akuntansi, prodi S1 Ilmu Hukum, prodi S1 Ilmu Komunikasi, dan prodi S1 Sastra Inggris. Peserta mengikuti kegiatan ini melalui aplikasi Webinar Zoom Meeting.

Narasumber Ibu Prof. Dr. Ratni Prima Lita, SE, MM

Narasumber Workshop Online Bidang Sosial Humaniora yaitu Ibu Prof. Dr. Ratni Prima Lita, SE, MM (Dosen Manajemen UNAND) menyampaikan materi dengan judul “Bagaimana menyusun proposal penelitian yang kompetitif?”. Menurut beliau, tips penyusunan proposal meliputi komponen berikut ini: 1) proposal adalah ide yang ditulis “bukan ide dalam angan-angan”; 2) usahakan meneliti isu/topik terbaru yang sedang “hot”; 3) gunakan “bahasa proposal” (ilmiah); 4) tulis proposal sesuai panduan/cermati panduan jangan sampai ada yang tertinggal; 5) sistematika lengkap; 6) hindari kesalahan teknik (ketikan, tanda tangan); 7) utamakan ide yang bernilai untuk khalayak sasaran; 8) batas waktu upload proposal; 9) biaya dan waktu rasional; 10) track record peneliti; 11) kelengkapan proposal; 12) cermati lembar penilaian; 13) perbanyak proposal (peluang proposal lolos besar); 14) buat bank teori/literature/proposal; dan 15) berdoa.

pertanyaan interaktif oleh Bapak Irsyad, S.Hum, M.Hum
(prodi S1 Sastra Inggris)

Kemudian beliau menambahkan bahwa ada 5 (lima) hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun sebuah proposal. Pertama, NOVELTY (kebaharuan KUALITAS RISET). Kedua, TIMELY (informasi yang sedang ditunggu-tunggu). Ketiga, PLAGIARISM (harus dihindari). Keempat, RELEVANSI TOPIK (dengan skim riset/pendanaan yang dituju). Kelima, ROADMAP PENELITIAN.

pertanyaan interaktif Ibu Ezizwita, SE, MM (prodi S1 Manajemen)

Pada sesi interaktif, beberapa pertanyaan yang muncul meliputi menciptakan novelty penelitian, membangun roadmap penelitian, dan mengelola keuangan penelitian.

pertanyaan interaktif Ibu Dr. Dra. Asniati, MBA, Ak, CA, CSRA
(Dekan FEB UNIDHA)

Pertanyaan tersebut dijawab dengan tuntas oleh Prof. Ratni. Beliau menjelaskan bahwa novelty menunjukkan kebaharuan riset dari penelitian. Caranya dengan mengungkap temuan penelitian orang dan mengisi gap mana yang akan diisi. Untuk roadmap penelitian, lakukan modifikasi dan menggabungkan beberapa riset orang sehingga ditemukan gap-nya. Dalam membangun roadmap, fokuskan apa penelitian dan temukan topik yang ingin difokuskan walaupun objeknya akan berbeda-beda nantinya. Dalam pengelolaan keuangan, tulislah apa yang dibutuhkan dalam penelitian. Contoh honorarium mencakup honor mendatangkan narasumber, asisten peneliti, perjalanan dinas dan sebagainya.

Terakhir, beliau menjelaskan bahwa hasil penelitian yang baik mencakup 5 (lima) komponen berikut:

•Proposal penelitian yang baik

•Data/informasi sudah disederhanakan

•Analisis yang baik

•Dikuasai dengan baik (pembahasan mendalam)

•Sudah ada Kesimpulan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this post

Share on facebook
Share on email
Share on whatsapp